238292652-Contoh-Soal-Dan-Jawaban-Tes-Intelegensi-Umum.doc

June 21, 2016 | Author: Anonymous | Category: Documents
Share Embed


Short Description

Contoh Soal dan Jawaban Tes Intelegensi Umum (TIU. ) Berikut adalah contoh soal beserta jawaban dan pembahasannya yang s...

Description

Contoh Soal dan Jawaban Tes Intelegensi Umum (TIU) Berikut adalah contoh soal beserta jawaban dan pembahasannya yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.. hehe *jika ada kesalahan mohon koreksinya, saya juga sedang belajar...semoga bisa lolos, dan jadi PNS yang baik ehehehe :)

Kemampuan Verbal Sinonim/Persamaan Kata 1. Akurat : saksama 2. Alternatif : cara lain 3. Algoritma : prosedur pemecahan 4. Ambiguitas : makna ganda 5. Aporisma : maksimal 6. Bagak : pemberani 7. Bibliografi : daftar pustaka 8. Boga : makanan nikmat 9. Bonafide : dapat dipercaya 10. Bonanza : sumber kesenangan 11. Bonus : Hadiah 12. Bubut : cabut 13. Bulat : bundar 14. Canggih : sophisticated 15. Class : group 16. Dedikasi : pengabdian 17. Dehidrasi : kehilangan cairan tubuh 18. Delik : pelanggaran hukum 19. Distorsi : penyimpangan 20. Donasi : Kontribusi 21. Ekamatra : fisika 22. Eklips : gerhana 23. Ekskavasi : penggalian

24. Eksodus : pengusiran 25. Elaborasi : penjelasan terperinci 26. Evokasi : menggugah rasa 27. Friksi : desakan 28. Gaji : honor 29. Galat : Keliru 30. Gasal : ganjil 31. Genjah : Cepat berbuah 32. Hayati : hidup 33. Hibrida : bibit unggul 34. Hukuman : denda 35. Identitas : ciri-ciri 36. Insinuasi : sindiran 37. Insomnia : tak bisa tidur 38. Interpelasi : hak bertanya 39. Iterasi : perulangan 40. Izin : biar 41. Kampiun : Juara 42. Kleptofobia : takut kecurian 43. Kolusi : kongkalikong 44. Kontras : perbedaan nyata 45. Konvensi : kesepakatan 46. Koordinator : ketua 47. Latif : indah 48. Liga : perserikatan 49. Mobilitas : gerak 50. Mukjizat : karamah

51. Negosiasi : perundingan 52. Nuansa : perbedaan makna 53. Otodidak : maju dengan belajar sendiri 54. Porto : biaya 55. Promosi : Kenaikan pangkat 56. Proteksi : perlindungan 57. Promovendus : calon doktor 58. Provokasi : pancingan 59. Rabat : potongan 60. Registrasi : pendaftaran 61. Residu : sisa 62. Serebrum : otak besar 63. Sine Qua Non : harus ada 64. Tangkal : cegah 65. Tuna Grahita : cacat mental 66. Virtual : nyata 67. Zenit : puncak sebagian sinonim bisa di cek di KBBI,biasanya di arti kata ada clue clue gitu :) ga punya KBBI??? santai aja...ada KBBI ONLINE Antonim/lawan kata 1. Abadi >< fana 2. Absurd >< masuk akal 3. Amal >< mal 4. Amatir >< kampiun 5. Anggara >< jinak 6. Antipati >< simpati 7. Apriori >< aposteriori 8. Asli >< duplikat

9. Bukit >< lembah 10. Bulat >< oval 11. Canggih >< sederhana 12. Cucu >< kakek 13. Curang >< sportif 14. Deduksi >< Induksi 15. Ekletik >< tidak pilih-pilih 16. Ekspresi >< impresi 17. Elastis >< kaku 18. Fonem >< Morfem 19. Gegai >< kuat 20. Ibu >< anak 21. Kebijakan >< kecerobohan 22. Khas >< umum 23. Konkaf/cekung >< konveks/cembung 24. Konklusif >< Eksekutif 26. Longgar >< sempit 27. Makar >< jujur 28. Mandiri >< bergantung 29. Monoton >< berubah-ubah 30. Muskil >< mungkin 31. Nomadik >< Menetap 32. Pasti >< spekulasi 33. Perintis >< pewaris 34. Pertemuan >< perpisahan 35. Prominen >< biasa

36. Rawan >< aman 37. Sekarang >< esok 38. Sekuler >< keagamaan 39. Sporadis >< kerap 40. Takzim >< acuh 41. Teks >< konteks 42. Tetiran >< asli 43. Tinggi >< rendah 44. Universal >< parsial 45. Vokal >< konsonan antonim juga bisa di cek di KBBI ONLINE...tinggal liat aja artinya apa..trus cari lawan kata yg cocok :) Analogi / padanan hubungan kata 1. adagio : allegro (antonim) o Lambat : Cepat 2. Air : Es (air didinginkan jadi es) o

Uap : Air (uap didinginkan jadi air)

3. Air : Haus (kalo haus minum air) o

Makanan : Lapar

4. Air : Menguap (air dipanaskan akan menguap) o

Es : Mencair

5. Apoteker : Obat (apoteker meracik obat) o

Koki : Masakan (koki meracik masakan)

6. Bangsa : Ethnologi (ilmu yang mempelajari bangsa ethnologi) o

Penyakit : Patologi

o

Ramalan : astrologi

7. Belajar : Pandai (belajar agar pandai) o

Berpikir : arif (berpikir agar arif)

8. Bunga : Buket (kumpulan bunga yg dirakit jadi satu namanya buket) o

kertas : buku

9. Bunga : taman (bunga ada di taman) o

Dosen : universitas)

10. Burung : terbang : udara (burung dapat terbang di udara) o

Ikan : berenang : air

11. Busur : Garis ( busur bengkok, garis lurus) o

Busur : Panah

12. Desibel : suara (satuan suara itu desibel) o

Volt : Listrik (satuan listrik itu volt)

13. Gelombang : Ombak (Gelombang kalo kecil namanya ombak) o

Gunung :Bukit (gunung kalo kecil namanya bukit)

14. Gundul : Rambut (Gundul karena tidak punya rambut) o

Bugil : Pakaian

15. Janji : Bukti (janji harus disertai bukti) o

Ucapan : Tindakan (ucapan harus disertai tindakan)

16. Kaka Tua : Merpati (sama2 burung) o

Gurame : kakap (sama2 ikan)

17. Kampung : Sawah (dikampung banyak sawah) o

kota : gedung (dikota banyak gedung)

18. Kendaraan : Mobil (mobil adalah salah satu jenis kendaraan) o

Orang : Pemuda

19. Koran : Makalah : Buletin (sama2 media cetak) o

Bus : Kereta Api : Delman

20. Kosong : Hampa (sinonim) o

Cair : encer

21. Kulit : sisi

o

atap : genteng

22. Laba : Penjualan o

Keberanian : Kemenangan

23. Lampu : Gelap (tidak ada lampu maka gelap) o

makanan : lapar

24. Macan : Belang (macan memiliki belang) o

Gajah : Gading

25. Marah : cemburu (marah karena terlalu cemburu) o

Tidak toleransi : fanatik

26. Mata : telinga o

Lidah : Hidung

27. Matahari : bumi (matahari dikelilingi bumi) o

bumi : bulan

28. Matahari : terang (ada matahari jadi terang) o

Api : Panas (ada api jadi panas)

29. Merah : Mawar (merah adalah warna bunga mawar) o

Putih Melati

30. Mulut : Monyong ( mulut monyong itu kurang indah) o

Hidung : pesek

31. Pedas : cabai (cabai rasanya pedas) o

Manis : sakarin

32. Penghormatan : jasa (berjasa akan diberi penghormatan) o

Insentif : prestasi

33. Pelukis : gambar (hasil karya pelukis adalah gambar) o

komponis : lagu

34. Petunjuk : Afirmasi (diberi petunjuk saja tidak cukup, harus di beri afirmasi) o

Didenda : ditahan

35. Pilot : Pesawat o

Supir : Mobil

36. Presiden : negara (presiden memimpin negara) o

ayah : keluarga

37. Rumput : Lapangan (rumput ada di lapangan) o

bintang : langit

38. Sarung tangan : Petinju (Petinju menggunakan sarung tangan saat bekerja) o

Mikroskop : Bakteriolog

39. Seminar : sarjana o

Perpustakaan : Peneliti

40. Serut : Kayu (serut adalah alat yang digunakan untuk kayu) o

cangkul : kebun

41. Siswa : belajar (tugas utama siswa belajar) o

ilmuwan : meneliti (tugas utama ilmuwan meneliti)

42. Suap : Politik (dalam politik dilarang suap) o

Contok : Ujian

43. Sungai : Jembatan ( melewati sungai, cari jembatan) o

Masalah : jalan keluar (melewati masalah, cari jalan keluar)

44. Susu : Gelas (susu wadahnya gelas) o

bubur : piring

45. Tajam Tumpul (antonim) o

Dekat : Jauh

46. Tape : ragi o

antiseptik : iodium

47. Teluk : Laut o

Semenanjung : daratan

48. Tembakau : Rokok : Isap ( tembakau bahan baku rokok, rokok diisap)

o

Gandum : Roti : Makan

49. Tiang : Kokoh (tiang yang bagus adalah yang kokoh) o

Atap : terlindung

50. Tubuh : Pakaian (tubuh dilindungi dg pakaian) o

Buku : Sampul

51. Tukang : gergaji : palu (tukang menggunakan gergaji dan palu saat kerja) o

Montir : obeng : tang

52. Tuntunan : santunan o

Permintaan : Pemberian

53. Uang : Pundi-pundi o

air : tempayan

54. Ulat : kepompong : kupu2 (siklus hidup kupu2) o

bayi : kanak2 : remaja

55. Umum : Lazim (sinonim) o

Langsing : ramping Tips dan Trik

1. Tes Persamaan Kata (Sinonim) o jangan pilih kata yang punya bunyi mirip dengan soal...karena sebagian besar itu salah (ga semua ya, sebagian besar,hehe) o

misal soalnya APORISMA ,

o

pilihan gandanya a. APRIORI PRIMA

o

nah jawaban A dan E ini kan mirip ama soalnya, jadi mending pilih antara C,D dan E :)

b. Maksimal

c. Bentuk

d. pendekatan

e.

2. Tes Lawan Kata (Antonim) o

amati pilihan jawabannya, cari jawaban yang berlawanan, jawaban sering berada pada salah satu dari dua kata yang berlawanan tersebut 

o

Contoh : Khas??? a. khusus b.wabil khusus c.inklusif d.ekslusif e.umum

Untuk kata-kata latin/ilmiah, utamakan memilih jawaban yang mirip dengan soal

o



contoh :



Konkaf??? a.konveks b.optik c.lensa d.cekung d.konveksi



Antipati??? a.melawan b. setuju c.lekas mati d.simpati e.bertahan hidup

hati2...diingat2 bahwa yang kamu kerjain itu, antonim, bukan sinonim...soalnya kebanyakan peserta tergesa2 trus kan pertanyaan sinonim ama antonim deketan, jadi peserta masih mikir ngerjain soal sinonim

3. Tes Padanan Hubungan Kata (Analogi) o

temukan kata kunci / hubungan khusus dari kata yang diberikan

o

semakin khusus hubungan maka semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai

o

kalo udah nemuin hubungan tapi masih bingung, coba buat jadi kalimat

o

hubungan harus punya urutan yang searah, tidak di bolak balik 

misal : Kaki : Sepatu --> kaki memakai sepatu kalo ada jawaban anting : telinga berarti salah, karena anting tidak memakai telinga...kalo ada jawaban telinga : anting baru betul

Kemampuan Numerik Tes Pola Bilangan 1. 9-5-1-2-10-6-2-3-11-7-... o 3 o

3? dapet darimana? loncat 4 4,

o

jadi 9,10,11 trus 5,6,7 trus 1,2,3

2. 13-14-13-14-11-12-11-12-15-16-15-16-13-...-...-... o

14-13-14

o

dapet darimana? polanya bagi jadi 4 4

o

13 14 13 14 - 11 12 11 12 - 15 16 15 16 -13 ... ... ...

o

nah ketauan kan angka kedua itu ditambahin satu dari angka pertama

o

kalo angka ke 3 dan 4 copyan dari angka ke 1 dan 2

3. 11-19-10-20-9-21-8-...-...

o

22-7

o

dapet darimana? loncat 2 2

o

11,10,9,8,7 dan 19,20,21,22

4. 5-6-7-8-10-11-14-...-... o

polanya loncat 2 2

o

5,7,10,14,... ditambah 2, tambah 3, tambah 4,tambah 5 dst

o

6,8,11,... sama kayak diatas

o

jawabannya 15-19

5. ...-2-5-6-7-10-9-14 o

polanya loncat 2 2

o

...,5,7,9 dan 2,6,10,14

o

deret pertama selalu ditambah 2, deret ke dua selalu ditambah dengan 4

o

jawabannya 3

6. 42 13 19 49 19 19 56 25 19 ... ... o

polanya loncat 3 3 nih

o

42 49 56 ...

selalu ditambah dengan 7

o

13 19 25 ...

selalu ditambah dengan 6

o

19 19 19

tidak berubah

o

jawabannya 63, 31

7. 12 9 9 8 6 7 ... ... o

loncat 2 2...ada dua pola

o

12,9,6,... selalu dikurangi 3

o

9,8,7,... selalu dikurangi 1

o

jawabannya 3,6

8. G H I M N J K L M N ... ... o

hehe saya susah kalo ngeliat huruf...jadi saya pindah dulu dari huruf ke angka

o

7 8 9 13 14 10 11 12 13 14 ... ...

o

udah keliatan kan polanya?

o

jadi jawabannya 13 14 yang berarti huruf M N

9. A B C C D E F F F G H I I I ... ... o

bingung?hehehe.coba kita warnain

o

ABCCDEFFF GHIII

o

urutan selanjutnya berarti I J K L L L L L

10. A B D B B D C B D D B D ... ... o

dicoba dulu..baru liat jawabannya :)

o

A B D B B D C B D D B D ... ...

o

urutan selanjutnya berarti E B D F B D

11. ... ... C F E D G H I L K J M N O o

coba kita warnanin

o

... ... C F E D G H I L K J M N O

o

yang merah urutannya normal, yang item dibalik, jadi jawabannya A B

12. 81 64 72 56 ... ... 54 40 45 32 36 o

loncat 2 2

o

81,72,...,54,45,36 selalu dikurangi 9

o

64,56,...,40,32 selalu dikurangi 8

o

jadi jawabannya 63 48

13. 1 3 7 15 ... ... o

perhatikan...

o

1+2=3

o

3+4=7

o

7 + 8 = 15

o

15+16=31

o

31+32=63

14. 9 9 9 6 9 3 ... ...

o

loncat 2 2

o

9,9,9,... selalu 9

o

9,6,3,.... selalu dikurangi 3

o

jawabannya 9 0

15. 12 13 ... ... 22 27 o

lihat ada 5 kali operasi dari angka pertama hingga menghasilkan angka terakhir

o

operasi pertama ditambah 1

o

operasi ke lima ditambah 5

o

berarti 13+2=15, 15+3=18, 18+4=22

16. 2 10 4 8 ... ... 8 4 o

loncat 2 2

o

2,4,...,8 selalu ditambah 2

o

10,8,...,4 selalu dikurangi 2

o

jadi jawabannya 6 6

17. ... 34 35 39 40 44 45 o

loncat 2 2

o

...,35,40,45 selalu ditambah 5

o

34,39,44 selalu ditambah 5

o

jadi jawabannya 30

18. 11 4 22 9 ... 14 44 19 55 o

loncat 2 2

o

11,22,...,44,55 selalu ditambah 11

o

4,9,14,19 selalu ditambah 5

o

jadi jawabannya 33

19. 5 8 16 ... ... 41 82 85 o

loncat 2 2

o

5,16,...,82 selalu dikali 2 kemudian ditambah 6

o

8,...,41,85 selalu dikali 2 ditambah 3

o

jadi jawabannya 19,38

20. 2 3 6 7 14 15 ... ... o

loncat 2 2

o

2,6,14,... selalu ditambah bilangan genap setelah angka tersebut

o

3,7,15,...selalu dikali 2 kemudian ditambah 1

o

jadi jawabannya 30,31

21. 92 88 84 80 76 ... ... o

selalu dikurangi 4

o

jawaban : 72,68

22. 3 7 16 35 74 ... ... o

dikali 2 ditambah 1, dikali 2 ditambah 2, dikali 2 ditambah 3 dst

o

jawaban : 153, 312

23. 2 3 5 7 ... ... o

hayoo??bingung ya??ini bilangan prima :)

o

jawaban : 11,13

24. 4 7 4 7 10 7 10 ... ... o

loncat 2 2

o

4 4 10 10 ...

o

7 7 7 ...

o

jawaban : 7 16

25. 1 2 4 5 25 26 ... ... o

polanya : tambahkan 1, tulis angkanya,kuadratkan untuk angka selanjutnya

o

jawaban : 676,677

26. 1 2 6 24 120 ... o

polanya : kalikan 1, kalikan 2, kalikan 3 dst

o

jawaban : 720

27. 1 2 4 8 16 ... ... o

polanya kalikan dengan 2

o

jawaban : 32, 64

28. 12 13 15 18 ... ... o

pola : tambahkan 1, tambahkan 2, tambahkan 3, dst

o

jawaban 22, 27

29. 2 10 4 8 6 6 ... ... o

loncat 2 2

o

2,4,6,...

o

10,8,6,...

o

jawaban 8,4

30. 81 64 72 56 63 48 54 40 45 ... ... o

loncat 2 2

o

81,72,63,54,45,...

o

64,56,48,40,...

o

jawaban : 32,36

31. 4 4 8 4 16 4 ... ... o

loncat 2 2

o

4 8 16 ...

o

4 4 4 ...

o

jawaban : 32,4

32. 18 10 20 12 24 16 ... ... o

loncat 2 2

o

18 20 24 ...

o

10 12 16 ...

o

jawaban 32 24

33. 0 - 1/2 - 4 1/2 - 1 1/2 - 9 - 2 1/2 ... ...

o

loncat 2 2

o

13 1/2 - 3 1/2

Tes Hitungan Biasa (Aritmatika) 1. 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + .......... +29 = o

bisa di kerjain pake 2 cara

o

kelompokkan 

o

(1+29)+(2+28)+...(14+16)+15=30*14+15=435

rumus 

penjumlahan bilangan asli --> ½N x (N+1)



(29/2)*(29+1)=435

2. 1² + 2² + 3² + 4² + 5² + .......... + 9² = o

nah pake itungan biasa aja lebih simpel 

1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81 =



(1+49)+(4+36)+(9+81)+(16+64)+25 = 285

3. Jika a=5 dan b=2, maka nilai dari a3 – 3a2b + 3ab2 – b3 = o

nah...berdasarkan rumus yg ada di tips n trik.. itu sama aja kayak (a-b) 3

o

jadi jawabannya (5-2)3 =27

4. (882 + 115)² = o

997², capek kan itungnya? buletin aja jadi 1000², nah berarti jawabannya yg mendekati 1jt, trus angka terakhirnya 9, kenapa 9? 997, 7 kuadrat kan 49

o

kalo ga yakin, trus pengen jawaban pastinya (anak stis bgt yak -___-) ubah aja jadi 

(1000-3)²=1jt-6rb+9=994.009

5. Jika Y% dari 80 adalah 32, maka nilai Y= o

(Y/100)*80=32

o

Y=40

6.

7. berapakah nilai dari akar 61 o

hehe..kalo kayak gini cari aja yg mendekati...bilangan kuadrat yg mendekati adalah 64, yaitu 8 kuadrat, berarti 8 kurang dikit, cari aja di pilihan gandanya :)

8. Jika x + y = 100 dan x/y=1/4, maka nilai x – y = o

x/y=1/4 --> y=4x

o

x+y=100 --> x+4x=100 --> x = 20 , y = 80

o

x-y=-60

9. 12 adalah 150% dari ?? o

bikin aja (150/100)* x =12

o

x= 8

10. berapakah 6/7 dari 87,5 % ? o

6/7 * 7/8 =6/8=0,75

11. 15 adalah 37,5% dari ? o

3/8 * x=15

o

x=40

12. 3 itu berapa persennya 20? o

(3/20)* 100% =15%

13. p = 2, dan q =3 , lalu r=p² + 2pq+q², berapa pqr ? o

r=(p+q)² =25

o

pqr=2*3*25=150

14. 4,036 : 0,04 = 100,9

,

15. Jika x=1/16 dan y=16%, maka ... o o

x 8 jam --> 8*800=6.400

o

gaji yang didapat abis lembur 8000-6400=1600

o

gaji lembur perjam 800+(800*50%)=1200

o

waktu lembur = 1600/1200 = 1,333 jam = 1 jam 20 menit

o

jam pulang = 16.00 + 1 jam 20 menit= 17.20

Tips dan Trik 1. Tes Pola Bilangan /deret hitung (series) o pola bilangan dapat berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengakaran, pengkuadratan atau gabungan dari operasi2 tersebut

o

pola bilangan dapat ditebak jika telah ada minimal dua pola sebelum/ sesudahnya

o

langkah awal mencari pola adalah dengan memperhatikan perubahan dari suatu bilangan ke bilangan yg lain, kemudian tentukan apakah aturan operasi tersebut berlaku untuk seluruh deret / tidak

o

perbanyak latihan, makin bnyak latihan,makin mahir dan cepet anda ngerjainnya :)

2. Tes Hitungan Biasa (Aritmatika)

o

hafalkan rumus diatas, biasanya sering keluar,kalo tidak hafal, sering2lah latihan...insyaAllah akan terbiasa dan hafal sendiri. ingat..ga ada yg instan!

Kemampuan berpikir logis dan analitis Tes Penarikan Kesimpulan (Silogisme) 1. Susilo paling pandai, Edy kalah pandai dibanding Leonardo,Leonardo sama pandainya dengan Viki. Viki lebih pandai dari Natsir. o Jika digambar, kurang lebih sbb:

o

o

nah setelah itu tinggal cari jawaban yang sesuai dengan gambar :)

2. Semua karyawan harus hadir dalam rapat rutin.Sementara office boy adalah karyawan o

kalo digambar jadi begini

o o

nah jadi tidak semua OB itu karyawan, ada pula yg bukan karyawan

o

jadi tidak semua OB ikut rapat rutin, tinggal cocokin deh ama jawaban :)

3. Ketika ayah dan ibu Hermawan menikah, masing-masing telah memiliki seorang anak. Hermawan lahir persis setahun setelah perkawinan tersebut,dan memiliki 4 saudara. o

jadi kesimpulan yang bisa ditarik adalah, 

hermawan punya 2 kakak tiri dan 2 adik kandung.



mereka 5 bersaudara

4. Merpati terbang ke utara, merpati adalah burung o

kesimpulan yang bisa didapat :

o

sebagian burung adalah merpati, sebagian burung terbang ke utara

5. Hesty, Belly, Penky, dan Melly adalah mahasiswa satu angkatan dari universitas yang sama. Hesty lulus sebelum Belly tetapi sesudah Penky, dan Melly lulus sebelum Hesty

o

jadi kalo di gambar kayak gitu

o

kesimpulan yang dapat diambil

o

belly lulus yg paling akhir. yang paling cepet lulusnya ga bisa dicari... antara penky dan melly

6. Pengurus koperasi seharusnya berjiwa sosial, Sebagian ketua RT pernah menjadi pengurus koperasi.

o

kesimpulan : sebagian ketua RT seharusnya berjiwa sosial

7. Beberapa dosen bergabung dalam tim Karawitan. Tim Karawitan tidak ada yang menjadi pemain tenis. o

kesimpulan : beberapa dosen bukan pemain tenis

8. A dan B berasal dari fakultas yang sama. D dan E juga berasal dari fakultas yang sama. A,B,C,D,E sedang duduk di kursi panjang, namun Mahasiswa yang berasal dari fakultas yang sama tidak boleh duduk berdekatan. o

cari aja jawaban dimana A ga sebelah B dan D ga sebelah E :)

9. Semua guide pandai berbahasa asing. Fido bukanlah seorang guide. o

Biasanya banyak yang terjebak untuk menarik kesimpulan bahwa Fido tidak pandai berbahasa asing. Ini adalah kesimpulan yang tidak benar. Perhatikan kalimatnya: semua guide pandai berbahasa asing. Kalimat tersebut tidak dapat dibalik, artinya yang pandai berbahasa asing bukan hanya guide. Sehingga jika dikatakan Fido bukanlah seorang guide, maka belum tentu ia tidak pandai berbahasa asing!

o

Jadi, tidak ada kesimpulan yang benar

10. Selama semester ini Budi belum pernah mendapat nilai lebih baik daripada temantemannya. Heru termasuk diantara separuh siswa yang terpandai di kelas. Agus lebih pandai daripada dari Heru dalam pelajaran Matematika. Hasil ulangan Biologi Agus lebih rendah daripada hasil ulangan Budi. o

kesimpulan : 

budi nilainya paling jelek



heru pandai



agus lebih pandai dari heru di matematika



budi lebih pandai dari agus di biologi

11. 1) Tidak semua sarjana yang pandai lolos ujian CPNS. 2) Semua sarjana yang bodoh tidak lolos ujian CPNS. 3) Tidak semua sarjana yang pandai selalu mempunyai nilai ijazah yang lebih baik daripada yang lebih bodoh. 4) Purdi mempunyai nilai ijazah yang lebih buruk dari pada Alan. o

kesimpulan : 

belum tentu purdi lebih bodoh dari alan, ataupun sebaliknya



keduanya belum tentu lolos ujian cpns, tapi mungkin saja lolos, karena kita tidak tau purdi dan alan itu pinter apa nggak hehehe

12. Semua hewan adalah makhluk hidup. Semua makhluk hidup akan mati. o

kesimpulan: semua hewan akan mati

13. semua bayi minum ASI. Sebagian bayi diberi makanan tambahan. o

kesimpulan: sebagian bayu minum asi dan diberi makanan tambahan

14. Semua hewan adalah makhluk hidup. Semua makhluk hidup akan mati. Kucing adalah hewan yang mempunyai ekor. Tidak semua hewan berekor dapat memanjat. Jadi ... o

Kucing akan mati

15. Indah lebih tinggi dari Ade, dan Sulastri lebih pendek dari Indah. Kesimpulan yang dapat diambil dari pernyataan di atas adalah ... o

gambar2 :

1.

2.

Sulastri dan Ade lebih pendek dari Indah

3. Tips dan Trik 1. Tes Penarikan Kesimpulan (Silogisme) o untuk soal2 perbandingan yang biasanya punya ciri2 pake kata "LEBIH" atau "DARIPADA", maka solusi termudahnya adalah dengan cara digambar/ditulis o

Dalam soal-soal SILOGISME sering dijumpai kata-kata sementara atau semua. Jika anda menemui kata: 

Sementara/ sebagian/ beberapa/ ada/ mungkin semua, maka artinya adalah TIDAK SEMUANYA atau MINIMAL SATU ANGGOTA. (jika dalam gambar, gunakan 2 tanda panah).



Semua/ setiap, artinya adalah SELURUH ANGGOTA TANPA KECUALI. (jika dalam gambar, gunakan 1 panah saja).



kalimat yang tidak didahului oleh kata



semua/ beberapa maka maksudnya adalah SEMUA

View more...

Comments

Copyright © 2017 EDOC Inc.